Monday, June 4, 2012

Elektrocardiogram (ECG)

Elektrocardiogram (ECG) adalah suatu gambaran dari potensial listrik yang dihasilkan oleh aktifitas listrik otot jantung, rekaman ini dapat dilihat dengan alat yang disebut elektrokardiograf. Dengan meletakkan elektrode dipermukaan tubuh pada tempat yang sesuai, tegangan listrik yang dihasilkan dapat direkam.

Rekaman ECG digunakan oleh dokter ahli untuk menentukan kondisi jantung dari pasien. Fungsi dasar dari elektroda adalah mendeteksi sinyal kelistrikan jantung. Fungsi dari transducer adalah untuk mengkonversi informasi biologis menjadi sinyal elektrik yang dapat diukur. Transducer ini dipakai dengan menggunakan interface jelly electrode-electrolyte.

Elektrokardiogram (EKG) adalah suatu sinyal  yang dihasilkan oleh aktivitas listrik otot jantung yang diambil dengan memasang elektroda pada badan. Sinyal EKG direkam menggunakan perangkat elektrokardiograf.



Cara penggunaan EKG:

  1. Pasien berbaring  dengan bagian dada bebas dari pakaian dan bahan-bahan logam yang dipakai seperti cincin, jam tangan, ikat pinggang, dsb; sebaiknya dibuka agar tidak menggangu rekaman.
  2. Oleskan cream atau jelly pada tempat dimana akan dipasang elektroda untuk merungangi resistensi.
  3. Pasanglah keempat elektroda ekstremitas pada kedua pergelangan tangan dan kedua pergelangan kaki pada bagian medial. Pasanglah elektroda tersebut dengan ketat.
  4. Hubungkan kabel sadapan pada EKG dan ujung-ujungnya dihubungkan pada EKG  dan ujung-ujungnya dihubungkan pada elektroda yang  sesuai.


Beberapa hal yang perlu dibaca dalam hasil EKG

  1. Ritme atau irama jantung
  2. Frekuensi (laju QRS)
  3. Morfologi gelombang P (cari tanda kelainan atrium kiri atau atrium kanan)
  4. Interval PR
  5. Kompleks QRS:
  6. Aksis jantung
  7. Aplitudo (cari tanda hipertrofi ventrikel kiri/ventrikel kanan)
  8. Durasi
  9. Morfologi (ada atau tidak gelombang Q patologis atau gelombang R tinggi di V1)
  10. Segmen ST (apakah ada tanda iskemia, injuri atau infark miokard)
  11. Gelombang T
  12. Interval QT
  13. Gelombang U


No comments:

Post a Comment